Puisi-Puisi Mengagumkan (resensi)


Chairil Anwar ialah seorang penulis yang berasal dari Indonesia dan cukup terkenal. Chairil Anwar adalah sosok yang sangat mengagumkan. Diksi yang ia pilih sangat tepat. Beliau juga mampu menyiratkan amanat dalam setiap puisi yang ia buat. Puisi-puisinya juga sangat indah, baik di baca maupun di dengar. Buku ini adalah buku yang berisi kumpulan dari beberapa puisi karya Chairil Anwar. Buku yang cukup terkenal ini telah dicetak berulang-ulang. Dengan membaca buku ini, orang yang kurang menyukai puisi dapat terarah hatinya dan mulai menyukai puisi setelah membaca buku kumpulan puisi ini. Isi buku ini dibagi dalam 2 bagian, yaitu bagian Kerikil Tajam” dan bagian “yang Terampas dan yang Putus”. Bagian “Kerikil Tajam” berisi 29 puisi diantaranya Aku, Diponegoro, dan Merdeka. Bagian “yang Terampas dan yang Putus berisi 9 puisi diantaranya krawang-Bekasi, Prajurit Jaga Malam, dan Yang Terampas dan Yang Putus.

Kelebihan buku ini yaitu di dalam buku ini terdapat gambar yang mengakhiri setiap bait puisi, membuat rasa penasaran kita akan makna puisi ditambah lagi dengan rasa penasaran akan makna dari gambar disitu. Isi dari buku ini juga sangatlah bagus untuk digunakan sebagai pembelajaran menganalisis puisi, untuk referensi membaca puisi, dan untuk pengetahuan tentang puisi-puisi karya penulis puisi Indonesia.

Kekurangan dari buku ini adalah cover buku yang kurang menarik dan pemilihan jenis tulisan dalam pengetikan puisi di buku yang semi latin dan ukurannya yang kecil kurang memperjelas mata dalam membaca. 

Categories: Share

Leave a Reply