PERAN PEMUDA SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA (PIDATO)


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Yang terhormat Kepala Desa Tambakrejo, Purworejo.
Yang saya hormati perangkat-perangkat Desa Tambakrejo, Purworejo.
Yang saya hormati warga Desa Tambakrejo, Purworejo.
Rekan-rekan pemuda yang saya banggakan.

Marilah kita senantiasa selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini pada acara peringatan hari Sumpah Pemuda. Saya ucapkan terima kasih kepada perangkat-perangkat Desa Tambakrejo, warga Desa Tambakrejo, dan rekan-rekan pemuda yang telah menyelenggarakan dan mendukung acara ini.

Hadirin yang saya hormati dan saya sayangi.

Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit uraian tentang  peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Hal ini perlu karena pemuda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa yang harus mampu menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa Indonesia, serta harus mampu pula mengemban amanat reformasi.

Hari ini tanggal 28 Oktober. Tiap tahun tanggal ini diperingati oleh bangsa Indonesia di seluruh pelosok tanah air maupun bangsa Indonesia yang sedang berada di luar negeri sebagai hari Sumpah Pemuda. Delapan puluh tiga tahun silam tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, pemuda Indonesia dari seluruh kalangan berkumpul di Jakarta mengucapkan suatu tekad dan ikrar yang dikenal dengan sumpah pemuda. Sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah yang tidak boleh diabaikan dan dilupakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pada hari itulah bangsa Indonesia menunjukan tekadnya sebagai bangsa yang merdeka, sebagai bangsa yang kuat bersatu, dan sebagai bangsa yang mempunyai keyakinan atas masa depannya.

Sumpah pemuda merupakan sumpahnya bangsa Indonesia untuk mengakui, memiliki, memperjuangkan, dan mempertahankan tanah air, bangsa, dan bahasa yang terungkap dalam isi sumpah pemuda itu sendiri.
1.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia.
2.      Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
3.      Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.
Itulah janji dan sumpah pemuda yang wajib kita lestarikan, kita perjuangkan demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan untuk hidup makmur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
          
            Hadirin yang saya hormati dan saya sayangi.

Setiap kita memperingati hari-hari yang bersejarah, kita perlu mengenang sejenak, betapa besar perjuangan para pejuang bangsa dalam menegakkan kemerdekaan. Perjuangan mereka tidak mengenal waktu, mereka berjuang tanpa mempertimbangkan harta benda maupun keluarga. Oleh karena itu, pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa, kedepan harus mampu memahami serta menghayati secara mendalam tentang makna sumpah pemuda.

Sejalan dengan ini, saya mengajak melalui momentum peringatan sumpah pemuda ini kita jadikan sebagai pemicu semangat kita untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan partisipasi, kualitas sumber daya manusia dan dukungan untuk mewujudkan  pembangunan nasional secara berkesinambungan. Perhatian dan sikap perduli terhadap pertumbuhan dan perkembangan pemuda harus kita tingkatkan agar generasi bangsa ini semakin kuat, baik fisik maupun mentalnya. Akhirnya saya ucapkan selamat membangun negara dengan semangat jiwa pemuda yang bertolak dari semangat sumpah pemuda.

            Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


by : Virgiawan Aji Saputra

Categories: Share

Leave a Reply