Diary yang Aneh dan Gila (resensi)



Radikus Makankakus :Bukan Bintang Biasa adalah kumpulan tulisan komedi, salah satu cerita Raditya Dika. Ini adalah buku ketiga Dika yang juga berisi pengalaman-pengalaman pribadinya yang aneh, gila, dan cenderung ajaib.  
              
Radikus Makankakus :Bukan Bintang Biasa ini adalah buku yang memiliki keunikan tersendiri, dalam penulisannya menggunakan gaya penulisan diary yang aneh dan gila. Penulis dapat mengajak pembacanya tertawa setelah membaca kisahnya yang gila.

Sebagian besar buku ini menceritakan pengalamannya ketika masih duduk di bangku SMA. Seperti ikut-ikutan membuat karya tulis ilmiah, sehingga ia melakukan penelitian dengan menggunakan kostum badut keliling Jakarta. Penulis menceritakannya dengan lucu namun terdapat beberapa kata yang kurang sopan.  

Bagian lain dari buku ini cukup mengharukan, yaitu kisahnya bersama Bu Irfah yang dapat merubah Dika yang malas menjadi lebih rajin. Pada suatu hari ketika Dika sedang berpresentasi di kelas, Bu Irfah memberinya pertanyaan namun Dika hanya menjawab dengan gaya bercanda sekenanya. Namun sebelum pertanyaan dari  Bu Irfah, Dika mendapat kabar bahwa Bu Irfah yang selalu membimbing dan memberinya perhatian telah meninggal. Bagian ini masih dikemas dalam nuansa komedi, namun bahasa yang digunakan lebih halus.

Di akhir buku ini diceritakan pengalamannya ketika menghadapi SPMB. Segala usaha telah dilakukan agar ia dapat lulus SPMB, seperti mengikuti BTA (Bimbingan Tes Alumni). Di sisi lain Dika akan disekolahkan di University of Adelaide, Australia. Ketika Dika sudah tinggal di Australia, ia mendapat kabar bahwa ia diterima di UI. Maman Dika menyuruhnya pulang untuk mengikuti tes kesehatan masuk UI hanya demi mendapatkan ‘Jaket Kuning UI’. Karena beberapa alasan, akhirnya Dika tidak perlu pulang untuk menjalani tes kesehatan namun ia digantikan oleh Pito yang didandani persis dengannya.

Bagaimana kisah selengkapnya? Buku dengan cover berwarna dasar kuning dengan perpaduan merah bata dan gambar kepala Raditya Dika bertanduk rusa ini menjadi salah satu rekomendasi untuk menghibur siapapun yang ingin tertawa. Dilihat dari cover saja sudah terlihat keanehan-keanehan yang akan diceritakan oleh penulis.

Alur cerita yang unik dan bahasa yang komunikatif mampu membuat pembaca terhibur. Dan salah satu kelebihan buku ini adalah banyak pesan yang disampaikan namun tetap mengutamakan komedi yang lucu dan halus. 

by : exotic person

Categories: Share

Leave a Reply