keindahan dibalik rumput yang bergoyang



Temanku yang exotis, hehehe. kalo kemarin kita udah bahas tentang perkembangan wayang di indonesia. Nah kali ini, kita mau bahas tentang wayang yang unik satu ini nih. teman teman ada yang tau tentang wayang yang satu ini? yup, wayang suket. dari namanya aja udah unik nih, ada apa ya di balik keunikan wayang yang satu ini.

Suket atau rumput, sesuatu yang tidak berharga ini ternyata bisa dibuat hal yang menghiburkan teman. jika ditinjau dari segi filosofi, makna kehidupan dari wayang suket ini sangat besar loh, walaupun dia hidup dibawah dan kerap diinjak injak, dipotong, dan dibakar, tapi tetap bisa bertahan hidup kan? apalagi rumput hidup juga diikuti oleh unsur alam. teman teman bisa menyimpulkan sendiri ya maknanya :)

Pembuat wayang suket ini adalah Ki Gepuk yang berasal dari Desa Bantar Barang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah loh. pada saat pembuatan pertamanya Ki Gepuk masih berusia 23 tahun teman, masih muda beli juga ya. Peraga wayang yang pertama kali dibuat adalah tokoh Wisanggeni, anak dari Arjuna dan Dresanala. lanjutttt.....

Wayang suket adalah pertunjukan tradisi (wayang kulit) yang dpadukan dengan teater, tari dan musik. jadi, gak hanya unsur wayang aja yang masuk dalam pertunjukan ini, tapi juga ada unsur unsur lain yang membuat wayang yang satu ini lebih unik lagi. selain itu, wayang suket gak selalu diceritakan oleh dalang, tetapi dimainkan oleh orang lainnya dalam bentuk teater atau tari, nah pada saat pertunjukannya, dialog ini tidak hanya dilakukan oleh dalang, tetapi dilakukan oleh pemain teater dan tari juga loh. apa gak bingung ya? nari sambil dialog, hehehe.

udah pada tau kan tentang wayang yang satu ini, semoga bermanfaat yaaa :)

by :
exotic person

Categories: Share

Leave a Reply